Cara membuat twitter client

Selamat pagi menjelang siang sobat semua, mumpung sekarang hari minggu, hari nyantai saya akan berbagi Tutorial bagaimana cara membuat mobile twitter client menggunakan dabr. Pada tahu kan mobile twitter client ? kalau belum tahu, mobile twitter client itu sebuah wapsite yang bersifat pihak ketiga yang bisa menggantikan fungsi dari website Twitter sendiri kecuali dalam hal mengganti password (yang saya tahu itu hehe). di Indonesia sudah banyak mobille twitter client yang terkenal contohnya m.tweete.net, tuitwit.com, writelonger.com dan sebagainya. Nah, disini buat sobat yang pengen buat mobile twitter client sendiri, tetep ikuti postingan ini yah. Oke tanpa basa-basi langsung saja kita ke langkah-langkahnya.
Cara Membuat Mobile Twitter Client Sendiri Menggunakan Dabr

Mendaftar di WebHosting

Pertama yang wajib sobat punya adalah WebHosting. Memang dibuat di Blogger tidak bisa ? ya jelas tidak bisa dong. Terus bagaimana bang ? ya caranya sobat bisa membuat akun di penyedia WebHosting, yang berbayar maupun gratis. Jika sobat ingin mendapatkan fasilitas Hosting yang mumpuni tapi murah bisa mencoba di RajaWebHost tapi untuk sobat yang masih pemula bisa mencoba di 000webhost.com atau idhostinger.com (sudah saya coba dan bekerja dengan baik). Nah setelah anda mendaftar, pastikan sudah mengaktifasi pendaftaran yang dikirim lewat email dan membuat subdomain sendiri seperti http://twitterdark.tk (hosting dari idhostinger.com). Lalu upload file dabr yang bisa sobat dapatkan dibawah ini (versi r430) :
Download Dabr versi r430
Setelah di upload, ganti file yang bernama config.sample.php menjadi config.php. Oke ini ditinggal dulu, sekarang kita beralih membuat Aplikasi di bagian Developer Twitter.

Membuat Aplikasi di Bagian Developer Twitter

  1. Pertama masuk ke http://dev.twitter.com/ disana sobat bisa login menggunakan akun Twitter sobat
    Sign in Twitter Dev
  2. Setelah masuk pilih link My Applications yang ada di bagian menu dropdown di samping kanan atas halaman awal http://dev.twitter.com/
    Twitter Dev Application
  3. Klik link Create a new application.
    Create a new application
  4. Nah selanjutnya bisa sobat baca di postingan saya Cara Membuat Aplikasi Update Twitter, supaya tidak terlalu panjang lebar disini :-).
  5. Untuk diperhatikan sobat semua Callback URL dan website harus diisi misal http://kyu.16mb.com dan untuk dibagian Application Type pilih Read, Write and Access direct messages, jangan yang lain.
  6. Jika sudah bisa di simpan. Sekarang catet Consumer Key dan Consumer Secret aplikasi sobat.

Mengaktifkan Mobile Twitter Client Kamu

Pindah ke tempat hosting sobat. Kali ini kita akan mengedit beberapa source code dari file dabr. Jika sobat menggunakan hosting idhostinger.com ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Masuk / Login ke Cpanel idhostinger ->  http://cpanel.idhostinger.com
  2. Pilih tab Control Panel
  3. Disitu akan tertera subdomain yang sudah kamu buat. Klik tombol Switch
  4. Nah, anda akan dialihkan ke Cpanel website anda. Pada bagian Files pilih File Manager 1. Akan muncul kotak dialog untuk memasukkan password akun kamu di idhostinger.
  5. Setelah disubmit akan muncul tulisan berikut
    status login   
  6. Sekarang kembali ke bagian Files tadi, pilih File Manager 1. kamu akan dialihkan ke FTP kamu, disitu kamu sudah bisa mengedit file kamu.
  7. Lanjut, pilih folder public_html. Lalu pada file config.php pilih Edit. cari teks :
    // OAuth consumer and secret keys. Available from http://twitter.com/oauth_clients
    define('OAUTH_CONSUMER_KEY', 'consumer_key sobat');
    define('OAUTH_CONSUMER_SECRET', 'consumer_secret sobat');
    ganti teks berwarna biru dengan consumer key dan merah dengan consumer secret aplikasi kamu.
  8. Lalu simpan file config.php, sekarang pindah ke directori sebelumnya dengan cara mengklik icon Back.
  9. Klik link Edit untuk file .htaccess :
    tambahkan kode berikut ini pada baris pertama :
    Options +FollowSymlinks
    lalu dibawah RewriteEngine On tambahkan :
    RewriteBase /
    dan hasilnya akan seperti ini
    # URL rewriting
    Options +FollowSymlinks
    RewriteEngine on
    RewriteBase /
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule ^(.*)$ index.php?q=$1 [L,QSA]

    <IfModule header_module>
    # 1 week cache
    <FilesMatch ".(png|ico)$">
    Header set Cache-Control "max-age=604800, public"
    </FilesMatch>
    </IfModule>
  10. Lalu klik icon Save
  11. Selesai
Sekarang coba buka Mobile Twitter Client punya kamu, login pakai Twitter kamu. dan nikmati Mobile Twitter Client kamu :-D. Untuk yang daftar di webhosting lain mungkin tidak jauh beda. Nah, untuk pengembangan fitur-fitur insyaallah akan saya bahas juga di blog ini, jadi tetap update informasinya di blog ini yah. Akhir kata maaf jika ada kesalahan penulisan atau kurang jelas tulisannya, saya juga manusia sobat hehe. so Keep Sharing and Smile dan jangan lupa kasih komentar yah :-D. 

Coba Mobile Twitter Client punyaku juga ya -> twitterdark.tk sankyu :-D
referensi :
- http://code.google.com/p/dabr/downloads/list

Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara membuat twitter client yang ditulis oleh Cara Cara yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Cara Cara

0 comments:

Post a Comment

Back to top